Pages

6.14.2015

Story ACNE Part III : Review Produk ERHA

Seperti yang saya pernah janjikan tempo hari lalu, saya mencoba mereview produk ERHA yang dokter resepkan untuk saya. Karena minimnya informasi yang saya dapatkan di internet tentang produk ERHA, saya bakalan review beberapa produk ini. Mudah-mudahan dapat membantu juga menambah pengatahuan ataupun sharing buat kalian yang punya masalah yang sama dengan saya.


Apa yang saya dapatkan dari dokter pada kunjungan pertama saya?



Sebelumnya pada Story ACNE Part II sudah saya bahas sebagian krim apa yang saya bawa pulang, sementara ini dokter gak kasih obat minum. Soalnya saya gak punya jerawat aktif.
  1. CB Gel (Gel khusus area mata) Penyimpanan di kulkas, cara pemakaian sesering mungkin di oleskan sekitar area mata bagian kelopak dan area kantung mata. Untuk mengurangi kerutan dan lingkar hitam.
  2. Facial Wash ERHA 2 for oily skin
  3. ERHA21 Eternal Lips (Lip Balm)
  4. Corrective Cream (CC) 5 uk.10 gr
  5. Acne Sunscreen Gel (ASG) / Sun Block
  6. ERHA 5 Evening Moisturizer For Sensitive Skin uk.10 gr
  7. Acne Moisturizer Gel (AMG)/ Morning Moisturizer
  8. Acne Spot Treatment (AST) ditotol pada jerawat meradang, dihentikan pemakaian setelah jerawat kering.
Berikut saya coba terangkan cara dan rangkaian pemakaian, bersamaan dengan review singkat mengenai produknya,

1. Facial Wash ERHA 2

Sangat disayangkan Facial Wash ERHA ini masih mengandung SLS yang menduduki peringkat pertama dalam jajaran komposisi, untuk beberapa orang yang berkulit sensitif ataupun kering sangat tidak disarankan menggunakan produk yang memiliki kandungan SLS (bukan berarti tidak boleh). Which is? jajaran paling pertama yang tersusun dalam kandungan komposisi mengidinkasi banyaknya zat yang terkandung dalam produk tersebut. Secara langsung, SLS bikin kulit makin kering, apakah karena Facial Wash saya khusus Oily Skin maka dari itu produk ini mengandung SLS kah? saya kurang tau juga untuk jenis Facial Wash ERHA yang lainnya khusus  kulit Normal ataupun Dry Skin.


Komposisi : Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Laurate Sulfate, Aqua, Cocamidopropyl Betain, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Tetrasodium EDTA, Sodium Chloride, Witch Hazel Extract, Glyceryn, Glycolyc Acid 3.5%, Cocamide DEA, Propylenr Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Sodium Hydroxide, Lactic Acid 0.9%, Citric Acid, Dimethylaminoethanol Bitartrate, Niacinamide, Acrylates Crosspolymer-4, D- Panthenol, Polyquateranium-7, Disodium EDTA, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, Benzoic Acid.

Tekstur : Cairan Kental

Cara Aplikasi : Basuh area wajah, dan pastikan tangan telah dicuci bersih sebelumnya. Tuang secukupnya, busakan ditangan. Kemudian usap lembut dengan jari tangan sambil pijat-pijat, jangan dengan seluruh tangan menggosok muka. Bilas hingga bersih.

First Impression : Kulit wajah berasa agak kesat,  setelah pemakaian pertama.

Notes : First Step dalam rangkaian perawatan, digunakan Sehari 3x (Pagi - Siang Sore)


2. CB Gel

Saya punya keluhan standar dengan mata wanita kantung mata dan dark circle, sudah banyak produk saya coba juga bahan-bahan alami saya coba. Masih gak bisa ngurangin lingkar hitam area mata, emang kendalanya saya susah banget konsisten. Jam tidur masih ngalong, minum air putih juga jarang, dan kebiasaan buruk lainnya saya sering ngucek mata yang emang bakalan memperparah dark circle juga wrinkle di sekitar mata. 

Banyak dari kita yang gak sadar kulit sekitar mata daerah yang super sensitif, pembuluh darah tipis disekitarnya gampang pecah, kalo kebiasaan sering kucek mata kebayangkan si pembuluh darah tipis itu bakalan terkoyak, gimana gak makin parah dark circle ama wrinkle sekitar mata. Belum lagi ditambah begadang, cairan mata bakalan banyak ngumpul dibawah area mata, mata jadi bengkak. Jadi mempertegas area dark circle. Parah udah keliatan makin menua 5 taun dah. >_<



Tekstur : Gel saat diaplikasikan menjadi cair

Daerah Aplikasi : Bagian bawah dan diatas kelopak mata

Cara Aplikasi : Menggunakan jari manis tekan lembut, dab-dab perlahan agar meresap. Kenapa dengan jari manis, buat yang sering nonton michelle phan pasti tau. Jari manis memiliki tekanan paling lembut, cocok untuk menekan daerah sekitar mata yang sensitif.

First Impression : Karena gelnya sesuai petunjuk harus disimpan di kulkas (untuk beberapa produk ERHA yang memiliki simbol tempreatur, berarti penyimpanannya haruslah di pintu kulkas) efek dingin yang menenangkan langsung terasa di area sekitar mata. Setelah beberapa saat gelnya mengering, area sekitar kulit mata serasa ditarik, akan tetapi bukan rasa tarikan akibat kulit kering.

Result : Saya merasakan area dark circle nampak lebih cerah, kerutan mata juga berkurang. Selain itu efek yang saya rasakan sekali untuk pemakaian rutin setiap malam hari dari tanggal 28 Mei 2015 hingga saat ini, daerah sekitar kulit mata saya jauh lebih lembut.


:Notes : Digunakan sesering mungkin, dianjurkan dipakai setelah mencuci muka/ saat wajah dalam keadaan bersih.

3. AMG 3 (Acne Moisturizer Cream)

Karena menurut dokter jenis kulit saya berminyak, seluruh produk ERHA yang diberikan dikhususkan untuk menangkal minyak penyebab jerawat. AMG ini berbentuk gel bening, yang mudah menyerap pada kulit. Dokter menyarankan saya harus menghindari krim-krim yang over rich, karena itu salah satu penyebab jerawat. 

Dulu saya pikir, kulit saya ini kering maka banyak produk skin care yang saya beli memang mengandung banyak bahan yang melembapkan. Awalnya saya pun sempat heran dengan keadaan kulit saya. Tanpa moisturizer kulit terasa kering dan perih dengan moisturizer malah nambah jerawat. Dilema!

Atas : Moisturizer , Bawah : ASG (Sunblock)
Teksture : Gel Bening

Cara Aplikasi : Merata dioles keseluruh wajah sampai area bawah mata juga kelopak mata sekalipun, pastikan sebelumnya cb gel telah kering, baru mengaplikasikan AMG agar produk tidak bercampur. Kalau saya sich untuk pagi hari jarang menggunakan CB Gel, lama kering!

First Impression :  Saya suka banget AMG, lebih cepet habisnya, hahahha, dipakai sehari 2x sich setelah cuci muka saat pagi dan siang hari. Cepat meresap dan melembapkan, Oil Controlnya juga bagus. :D hasil dewy finish* (muka glowing-glowing gitu)

4. ASG (Acne Sunscreen Gel)

Sunscreen is MUST, hahahha, sunscreen produk wajib buat kita yang sering beraktifitas di luar ruangan. Sinar matahari penjahat utama untuk kulit, tau kan freckless? nah kalo freckless  udah muncul repot dech. Ngilanginnya gak bisa pakai krim biasa, saya sempet konsul ke dokter, dan ternyata saya pun memiliki freckless  yang penangannya harus di LASER. FYI, sekali laserpun freckless gakan hilang seketika.

Jadi buat kamu yang belum mengalami seperti saya, rajinlah pakai sunblock/sunscreen yang mengandung UVA dan UVB.

Produk ERHA yang notabene hampir kesemuanya mengandung AHA yang mana photosensitive (sensitif dengan matahari) biar kulit ga merah-merah akibat terpapar matahari, pengunaan sunscreen gak boleh terlewatkan.

Atas : Moisturizer , Bawah : ASG (Sunblock)

Teksture : Cairan kental putih solid

Cara Aplikasi : Digunakan setelah menggunakan AMG, pastikan AMG benar-benar kering. Ulaskan merata seluruh wajah, terutama area sekitar mata yang tipis dan sensitif.

First Impression : Saya selalu merasakan agak gatal dan cenut-cenut perih terutama di daerah sekitar hidung dan ujung bibir. Tapi sekitar 3 menitan mereda. Sejauh ini pakai ASG saya fine, agak white cast aja, mudah-mudahaan gak ada kontradiksi pada kulit saya. Hasil Matte!

5. CC 5 (Corrective Cream)

CC 5 saya simpan dikulkas, karena memiliki tanda tempreature. Saya gunakan CC 5 di malam hari sebesar biji kedelai yang dicampur dengan krim ERHA 5. Sebelumnya dokter memberikan saya CC 10, tapi karena saya request gak mau terlalu putih dokter turunin kadar creamnya ke CC 5. 

Saya baru pertama kali mencoba perawatan wajah, maka dari itu saya pikir saya lebih baik menggunakan yang dosisnya paling rendah, saya menduga (sok tau) CC 5 mungkin semacam bleaching bikin kulit lebih cerah beberapa tingkat. 

Efek yang ditimbulkan pada kulit akan menjadi kering, terkelupas, dan agak merah, alhamdulilah sejauh ini kulit wajah saya tidak memerah. Hanya saja sekitar mata agak pink, dan daerah dagu agak kering. Setelah 2 minggu pemakaian area kulit sekitar dagu dan hidung semakin mengering, mungkin kulit saya mulai meregenerasi.

Atas - CC 5 ; bawah - ERHA 5

Teksture : Cairan kental putih solid

Cara Aplikasi : Digunakan pada malam hari setelah mencuci muka, dipakai sebesar biji kedelai dan dicampur dengan erha 5 yang komposisinya sama 1:1. Setelah dicampur rata dan usapkan keseluruh bagian wajah bahkan area mata hingga merata. Pastikan muka dan tangan benar2 kering dari air.

First Impression : Saya selalu merasakan agak gatal dan cenut-cenut perih terutama di daerah sekitar hidung dan ujung bibir. Tetapi setelah bangun tidur, kulit saya terlihat sehat dan kenyal.

6. ERHA 5 Evening Moisturizer For Sensitive Skin

Pencampur CC 5 yang digunakan pada malam hari.

Atas - CC 5 ; bawah - ERHA 5
Teksture : Cairan kental putih solid

Cara Aplikasi : Digunakan pada malam hari setelah mencuci muka, dipakai sebesar biji kedelai dan dicampur dengan erha 5 yang komposisinya sama 1:1. Setelah dicampur rata dan usapkan keseluruh bagian wajah bahkan area mata hingga merata. Pastikan muka dan tangan benar2 kering dari air.

First Impression : Saya selalu merasakan agak gatal dan cenut-cenut perih terutama di daerah sekitar hidung dan ujung bibir. Tetapi setelah bangun tidur, kulit saya terlihat sehat dan kenyal.

RESULT 16 DAYS


gbr. 1 : before 15/05/15
Penjelasan gbr. 1:
Atas Kiri - Pipi Kanan (Banyak bekas jerawat kemerahan juga 1 biji jerawat radang)
Atas Kanan - Pipi Kiri (Banyak bekas jerawat yg menghitam)
Bawah Kiri - Bagian dahi (Bertebaran bekas jerawat menghitam)
Bawah Kanan - Dagu (Bekas jerawat menghitam dan banyak komedo)
.
gbr. 2 : 31/05/15 (4 hari pemakaian) kulit saya makin cerah ^^
Penjelasan gbr. 2:
Atas Kiri - Pipi Kanan (Jerawat radang kempes, bekas kemerahan berkurang, tinggal sisa bekas jerawat hitam)
Atas Kanan - Pipi Kiri (Mulai muluus, tetep masih sisa bekas jerawat beberapa)
Bawah Kiri - Hidung (Tumbuh komedo dan MILIA semakin tegas)
Bawah Kanan - Dagu (Bekas jerawat menghitam dan banyak komedo, muncul juga bumps)

gbr. 3 : 12/06/15 (16 hari pemakaian) kulit saya mulai mengelupas
Penjelasan gbr. 3:
Atas Kiri - Pipi Kanan (masih sisa bekas jerawat hitam)
Atas Kanan - Pipi Kiri (Mulai muluus, tetep masih sisa bekas jerawat beberapa)
Bawah Kiri - Hidung (Makin banyaaaak komedo dan MILIA)
Bawah Kanan - Dagu (Bumps kempes, bekas jerawat hitam memudar, kulit jadi kering sedikit terkelupas agak perih)

MILIA OHH MILIA
Hasil keseluruhan, perubahan belum terasa signifikan kecuali kulit wajah yang makin cerah, juga jerawat saya yang semula meradang menjadi kering dan memudar. Komedo menjadi banyak bermunculan, akan tetapi hal tersebut lebih mudah dihilangkan dengan facial. Setelah itu problem saya adalah MILIA. Apa sich MILIA?

Milia merupakan jenis komedo yang tertutup. Kadang milia disebut pula sebagai milk spot,karena warnanya putih seperti susu. Bentuknya seperti bintik putih seukuran kepala jarum pentul dan terasa keras bila diraba. Isinya lemak yang mengeras seperti batu. 

Lokasi terbanyak milia terdapat di daerah dahi, samping hidung, juga bisa menyebar di seluruh wajah. Terbentuknya milia karena sumbatan kelenjar lemak. Sumbatan ini disebabkan, antara lain, oleh kosmetik yang menutup pori kulit dan kebersihan kulit yang tidak terjaga. Perbedaannya dengan jerawat biasa adalah bahwa milia ini tidak meradang, tidak merah, tidak bernanah dan relatif steril.

Sementara pada jerawat, ada reaksi radang karena bakteri. Milia bisa terdapat pada semua usia, bahkan pada bayi. Pada bayi yang baru lahir, milia disebabkan pengaruh hormon ibunya. Milia ini tidak usah diapa-apakan karena akan hilang dengan sendirinya. Milia juga banyak terdapat pada wanita paro baya, 40 tahun ke atas. Penyebabnya, pada usia ini regenerasi sel kulit menjadi lebih lambat sehingga sel-sel ini bertumpuk dan menyumbat pori kulit sebagai jalan keluar lemak.

Beberapa jenis milia memang akan hilang dengan sendirinya. Sebagiannya lagi mesti diusahakan untuk keluar. Untuk menghilangkan milia yang “membandel” sebaiknya dikerjakan oleh tenaga medis. Tindakan yang dilakukan adalah membuka atap milia dengan jarum steril, baru kemudian lemaknya dikeluarkan dengan alat komedo ekstraktor. Bila tidak dikerjakan ahlinya dan tanpa memerhatikan sterilisasi, bukannya membaik, malah bisa menimbulkan jerawat, bisul besar, bahkan infeksi yang parah. (sumber : http://ummi-online.com/)

Menurut dr. Deis penanganan milia saya harus dengan laser, semoga sekali laser milia hilang. Laser kan mahal? >_<

7. AST (Acne Spot Treatment)


Obat totol jerawat, krim ini ditotol di jerawat merah yang meradang. Karena jerawat saya udah gak muncul, saya jarang pakai krim ini. Krimnya sendiri berwarna kuning muda dengan bau belerang yang khas, ampuh banget ngempesin jerawat.


Teksture : Cairan kental kuing muda (ada kandungan belerang-nya)

Cara Aplikasi : Ditotol pada waktu malam pada jerawat merah yang meradang, hentikan pemakaian apabila jerawat sudah kering. Dipakai paling akhir setelah CC 5 dan ERHA 5.

First Impression : pakai ini jerawat merah 2 hari juga kempes.

8. External Lips

Musim kemarau bibir extra kering, kebiasaan buruk diem di ruangan AC tapi jarang minum, memperparah penampakan bibir saya, makin kusut dan perih, beruntung dokter nyaranin pake external lips kandungan CoQ-10, Vitamin E, dan Sunscreen bikin bibir saya lebih lembap dan pink alami. 

Sepengetahuannya saya CoQ-10 itu zat superrrrr, mengandung banyak antioksidan, mencerahkan juga mengurangi kerutan pada bibir. Ditambah agen vitamin E sebagai pelembapnya, dan kandungan sunscreen melindungi bibir dr tabir surya yang menjadi salah satu penyebab bibir kita menghitam.

Jangan heran padahal kita gak ngerokok, minum kopi tapi kenapa ya bibir hitam? Bibir hitam ada juga yang disebabkan genetik, bisa juga karena racun dari rokok, atau sinar matahari. Ya kalo genetik yoweslaah yaa, udah kuasa Tuhan, nah kalo faktor external kan masih bisa dicegah dan dirawat.


.

Teksture : Cairan kental kuning muda (tubenya mungil, jadi sleek dibawa kemana-mana, ujungnya meruncing dengan lubang ditengahnya, mirip kemasan lipgloss. jadi bisa diirit-irit pakainya)

Cara Aplikasi : Pencet tubenya sedikit lalu oleskan sesering mungkin di bibir, hasil lebih maksimal sich dipakai saat malam hari saat kegiatan ngunyah dan minum berhenti.

First Impression : Lama keringnya, tapi setelah meresap bibir sumper lembuut dan lembap sehariaan.


PERBANDINGAN KESELURUHAN :

PIPI KANAN


PIPI KIRI

HIDUNG


DAGU



 See you on my next post IV

kebeneran kerudungnya sama -_-
(bare face, foto kanan hanya pakai maskara dan liptint)
UPDATE 10/07/2015

Dulu kulit muka ama tangan sama
(-_- sori lupa pake pic beforenya)

Pemakaian dr 28/05/15 ( 1 bulan lebih)

Under eye lebih cerah, kulit muka juga,
hanya bekas jerawat pudar sedikit banget,
muncul beberapa jerawat kecil sekitar bibir.

1 komentar: