7.12.2014

Review : NEW Citra Light Touch Japanese Wakame





Bulan Juni 2014 lalu Citra launching produk terbaru meraka dengan nama CITRA LIGHT TOUCH dan produk tersebut merupakan satu-satunya lotion berbentuk gel di Indonesia. Terinspirasi dari rahasia kulit cantik wanita Jepang yang dikenal mulus, muda , cerah, bening, dan glowing seperti porselen. Produk citra terbaru ini mengandung salah satu rahasia mereka. Nah apakah itu? 


*drum roll*
.
.
WAKAME
.

ワカメ wakame

Dengan nama latin Undaria pinnatifida, wakame adalah rumput laut yang dapat dimakan atau ganggang yang dapat dimakan, dikenal sebagai komponen utama dari diet Jepang. Wakame dapat dimakan segar, atau kering, dan telah digunakan di banyak masakan Jepang selama berabad-abad. Karena kehebatan Wakame pada kulit, banyak orang sekarang juga menggunakan rumput laut sebagai produk topikal untuk mempercantik kulit. 

Wakame telah tumbuh di Jepang semenjak periode Nara, zaman dulu wakame dianggap sebagai tanaman hama. Akan tetapi saat ini wakame adalah rumput dewa, bhahaha kenapa rumput dewa *ngarang banget*, buat saya rumput dewa, selain baik buat kesehatan wakame juga bagus untuk kecantikan.

Manfaat untuk kesehatan,

Studi baru yang dilakukan di Hokkaido University telah menemukan bahwa suatu senyawa dalam wakame dikenal sebagai fucoxanthin dapat membantu membakar jaringan lemak. Banyak wanita Jepang baik muda maupun tua mereka membiasakan diri mengkonsumsi rumput laut. Antioksidan dalam rumput laut meningkatkan kesehatan selular dan juga melindungi tubuh dari unsur-unsur berbahaya.

Miso Sup (sup untuk sarapan jepang)
Sumber : Wikipedia

Wakame merupakan sumber yang kaya asam eicosapentaenoic, asam lemak omega-3. Pada lebih dari 400 mg/100 kkal atau hampir 1 mg / kJ, ia memiliki salah satu nutrisi yang lebih tinggi:. Rasio kalori untuk nutrisi ini, dan di antara yang tertinggi untuk sumber vegetarian, 1-2 sendok makan porsi wakame berisi sekitar 3,75-7,5 kkal dan menyediakan 15-30 mg asam lemak omega-3. 

Wakame juga memiliki tingkat tinggi kalsium, yodium, tiamin dan niacin. Dalam pengobatan Oriental telah digunakan untuk pemurnian darah, kekuatan usus, kulit, rambut, organ reproduksi dan keteraturan menstruasi.

Miyeok-guk Soup Korean
Sumber : Korean Food Recipe
Di Korea, miyeokguk sup wakame yang populer dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan sebagai miyeok berisi kandungan tinggi kalsium dan yodium, nutrisi yang penting untuk menyusui ibu baru. Banyak wanita mengkonsumsi selama fase kehamilan juga. Wakame secara tradisional dimakan pada hari ulang tahun untuk alasan ini, sebagai pengingat dari makanan pertama mereka, bahwa ibu telah memakan wakame semenjak selesai proses persalinan dan diteruskan kepada bayinya melalui susu, sehingga membawa nasib baik untuk sisa tahun ini. 
(Sumber : Wikipedia)

Manfaat untuk kecantikan kulit.

Beberapa nutrisi utama yang dapat ditemukan di Wakame adalah asam lemak esensial, asam amino, vitamin, dan jumlah tinggi antioksidan. Nutrisi tertentu di Wakame adalah Vitamin A, C, K, E, riboflavin, dan asam folat. Hal ini juga kaya akan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, dan natrium.

Selain dari isi tinggi asam amino dan antioksidan, banyak ahli kesehatan menganggap produk ini sebagai rahasia kecantikan utama wanita Jepang hari ini karena kadar tinggi dari sulfat pilyfucose. Unsur ini ditemukan untuk secara efektif melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan unsur-unsur eksternal yang dibawa oleh polusi, yang menyebabkan kotoran kulit dan ketidaksempurnaan. Dengan tingkat tinggi antioksidan, wakame efektif melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama penuaan cepat yang tidak sehat.

Elemen penting lainnya yang diperkirakan menjadi alasan mengapa wanita Jepang memiliki kulit yang sangat halus dan muda tampak adalah pilyfucose sulfat. Elemen penting ini memiliki sifat yang mencegah enzim hyaluronidase dari melanggar asam hyaluronic hadir dalam kulitAsam Hyaluronic merupakan elemen yang jika dikombinasikan dengan kolagen di kulit dapat mempertahankan elastisitas kulit dan menjadikan halus, serta kulit tampak awet muda.

Wakame juga memiliki sifat anti-inflamasi. Peradangan di kulit jelas tidak baik karena menyebabkan kulit pecah dan memperbaiki berulang-ulang sehingga lebih cepat mengalami penuaan. Rumput laut dengan sifat anti-inflamasi mencegah dan mengurangi peradangan di permukaan kulit serta bagian lain dari tubuh terutama di organ internal. Karena manfaat yang banyak, Wakame sekarang sangat populer dan digunakan dalam banyak produk dari makanan, produk perawatan kulit
(Sumber : www.esthers-beautyshop.com)

Fiuh panjang juga, hahha. So udah tau kan sedikit banyak manfaat wakame yang supeeerb!!
Tapi kali ini saya bakalan bahas yang Citra Light Touch edisi japanese wakame yak. Korean Pink Orchidnya next post. ^^

Citra Light Touch japanese Wakame Serum ; Lotion
Pertama-tama saya review dari lotionnya dulu,

1. Citra Light Touch White Lotion #Japanese Wakame

Kemasan :
Bentuk botol khas citra berwarna putih solid dengan material plastik umum untuk packing lotion Indonesia dengan print dan tulisan hijau sesuai pendeskripsian produk yang terkandung. Terdapat 2 ukuran, 120 ml dan 240ml, yang kecil bisa dibawa travel di tas, yang gede kemasan ekonomis untuk pemakaian sehari-hari.


Yang saya suka botolnya ada lehernya, jadi enak digengam gak khawatir slip dr tangan trus nimpa kaki, bahaha hal itu sering kejadian kalo saya lagi terburu-buru. Tutupnya flip top, ini yang saya gak suka, kadang suka cepet rusak tutup kemasan seperti ini kalo terjatuh, ntah engsel atau patah penutup lubangnya. Tetapi, dari segi efisiensi waktu memang lebih praktis tutup seperti ini sich daripada ulir.


squeeze *_*

Kandungan :
karena saya gak terlalu ngerti silahkan di zoom aja bagi yang paham, urutan Undaria pinnatifida Extract ada di ketiga ini mengindikasi kandungan wakamenya banyak, tapi gak sebanyak airnya sich. :D 

Lalu ada kandungan Niacinamida/ vitamin b3/ niacin  yang emang cocok banget untuk kulit kering. Fungsinya sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari, iritasi dan penuaan. Cara kerjanya dengan merangsang mikro sirkulasi dan mencegah kandungan air pada kulit. Niacinamide pun memicu produksi ceramide yang berfungsi merekatkan sel dan mencegah kulit kering.  Wow!!


Texture dan Scent :
Gel bening hijau tidak terlalu lengket, thick atau runny juga, pas pokonya. Sukaaa banget ama teksturenya. Wanginya seger-seger dingin enak banget khas rumput laut, (kaya yg pernah nyium wakame aja) berasa soothing feel skin banget lah. 




First Impression :

Pertama sniff wangi seger rerumputan, dioles ke kulit jd dingin, cepat meresap, gak lengket juga licin. Langsung terasa lembap seketika. Berbeda dengan lotion yang saya sebelumnya pakai, ada rasa licin, kalo saya terburu-buru menggunakannya. Pakai citra ini beda cerita, Mungkin karena tekstur citra ini berbenuk gel, dan kandungan terbesarnya air maka kulit ga susah nerimanya. Hahha,, sedot-sedot gtu aja,, kalau efek whitening belum saya rasakan pada pemakaian pertama. 

Pokonya suka banget, apalagi buat yang mau ke pantai, adem-adem seger gimana feelnya pake lotion ini. Tapi lotion ini bukan buat dipake panas-panasan di pantai, kayanya lebih cocok buat ngademin kulit yang sunburn. Soalnya ini lotion gak mengandung SPF jelas, dan perlindungan UVA + UVB. :'( sayang banget !!

Kelembapannya lumayan melembapkan, saya pakai tadi pagi jam 7 hingga siang 14.00, kulit saya yang super garing ga busik, kondisi saya lagi puasa juga saat ini, jadi kurang supply air ke tubuh dan saya banyak diem diruangan ber-AC. Sukaaaa bangeet, biasanya udah aga siang kaki saya udah mulai busik dan kering banget, kudu apply ulang lotion. Ini masih keliatan lembap aja. ♥


Finally Result :

I Love that, soalnya ;
  • Wanginya segar
  • Teksture gel cepat meresap di kulit, cocok untuk saya yang suka bangun kesiangan. hahahha.
  • Bentuk botol berleher enak digenggam
  • Mudah ditemukan di supermarket
  • Melembapkan seketika dan bertahan lumayan lama
  • Tersedia 2 kemasan yang kecil buat yang mau cobi-cobi, cucok juga dibawa travel gak bulky. Ukuran besarnya buat pemakaian sehari-hari lebih murah jatohnya.
  • Gak menimbulkan alergi di kulit saya yang kering dan agak sensitif
  • Pemakaian rutin berefek mencerahkan (klaim produknya, nanti di blog bakalan saya update)
  • Mengandung vitamin B3 cocok untuk kulit yang amat kering seperti saya
Apa yang saya gak suka,
  • Tidak mengandung SPF juga UVA dan UVB proteksi.
  • Masih mengandung parabean

2. Citra Light Touch White Serum #Japanese Wakame


Kemasan :

Squeeze tube agak transparan memudahkan tahu seberapa banyak isi serumnya dengan print wakame sama persis dengan seri lotionya, ukurannya hanya 1 dengan isi 180 ml, kemasan tutup flip top yang saya gak terlalu suka. Hanya ada satu ukuran, bulky kalo dibawa travel. 


Kandungan :

Silahkan di zoom saja, saya gak terlalu paham daripada salah. :p menurut klaim produk serumnya ini mengandung 3x efek mencerahkan. Cocok dipakai saat mau bobo cantik, besok bangun dah makin cerah aja kulit. :3

Mengandung benzophenone-4 saya baru tau, ini adalah sunscreen juga dalam kategori lemah. Pelindung dari UVA dan UVB tetapi di gelombang rendah, untuk cari aman jangan pake siang-siang dech. :D Lotionnya ga ada kandungan ini loh.


Teksture dan Scent :

Agak lebih watery dari si lotionnya, untuk dipakai sebelum tidur cocok banget. Gak usah nunggu lama meresap bisa langsung bobo cantik. Wanginya rumput-rumput seger sama seperti lotionya.



cepet meresap
First Impression :

Sama seperti lotionnya, cepat menyerap wanginya ngademin trus berasa lembap tapi gak lengket. Hanya saja yang berbeda serum ini klaim mengandung whitening agent 3x lebih banyak daripada lotionnya. Ini gwe bangetlah, secara kulit punggung tangan dan kaki jadi belang, gara-gara naik motor sehari-hari. Nambah skin regime di malam hari nih si CLT serum ini, it must.

Semoga dengan pemakaian rutin kulit saya balik lagi, yaa setidaknya ga terlalu coklat, jadi kontras banget ama kulit saya yang tertutup. Aamiin ya rabb .. ♥


Finally Result :

I Love that, soalnya ;
  • Wanginya segar
  • Teksture gel cepat meresap di kulit, cocok untuk saya yang suka bangun kesiangan. hahahha.
  • Mudah ditemukan di supermarket lokal
  • Melembapkan seketika
  • Memutihkan dengan 3x efek mencerahkan dibanding lotionnya
  • Gak menimbulkan alergi di kulit saya yang kering dan agak sensitif
  • Mengandung pelindung UVA dan UVB 
  • Mengandung Vitamin B3 cocok banget buat ulit kering seperti saya
  • Kemasannya semi transparan, memudahkan tahu isi tubenya.
Apa yang saya gak suka,
  • Tidak mengandung SPF
  • Masih mengandung parabean
  • Kemasannya gak travel friendly
                                       

Terima kasih..
xoxo