Pages

2.06.2014

Kekecewaan Belanja Sepatu Handmade Ternama Bandung (KUYAGAYA)

Saya belum berpengalaman berbelanja sepatu online. Saya juga bukan orang yang terlalu malas untuk mengejar kepuasan, maksudnya berbelanja sepatu secara offline.

Saya iseng scrolling instagram dan nemuin sepatu kece suede warna biru dongker, sepatu yg saya pengen banget. Kebetulan sedang ada sale dan sepatu yang dijual tersebut, ada toko realnya di Bandung. Satu lagi pertimbangan saya, brandnya sudah saya kenal semenjak kuliah dan saya pelanggannya. Saya biasa membeli produk sendalnya dengan sz no 38. Jujur belum pernah coba produk sepatunya, tapi pasti kualitas sama bagus.

source : Instagram kuyagaya_


Saya memang rekomen ama barang kuyagaya shop selain murah, bagus, dan tahan lama. Selain itu mudah terjangkau oleh saya tokonya, kebetulanan ada di sekitar pusat perbelanjaan Bandung, Jl. Riau (Pusat Factory Outlet).

Sebelumnya saya tanya ke seller, ready ga sepatu tersebut di toko.
Dy bilang "ga sis ini hanya dijual di instagram."
Ooh, saya pikir mungkin karena sale jd hanya dijual di instagram. Ngabisin sisa stock kali ya,.

Kebetulan teman saya yang di Batam pengen banget sendal kuyagaya shop, saya mampir ke toko di Jl. Riau dan karena memang udh lama ga maen kesini, agak heran juga dengan ketersediaan barang di toko yg sedikit koleksi sendalnya, padahal setau saya kuyagaya shop terkenal ama sendal-sendalnya, selain sendal mereka juga jual beberapa fashion item, kaya dompet, tas, ampe dress lucu" semua dan mereka ngeluarin lagi line namanya Kamikaze (sepatu-sepatu dengan bahan suede, saya pikir brand ini dikhususkan untuk cowo)

Source : Instagram kuyagaya_

Karena penasaran saya trus nanya, "mas ko sedikit koleksi sendalnya? trus ada beberapa item di instagram ga dipajang sich mas? padahal ready mas di instagram".

Shopkeeper-nya dengan ramah bilang, " stocknya lagi abis teteh kemarin c banyak, abis dibeli org. Sekarang yang beli kebanyakan sistem P.O seminggu." Dia ngeluarin beberapa contoh bahan sendal ama alas sendal dan foto klipping model-model sendal. Ooh Ok saya pikir berubah sistem kali ya, sambil trus menjelaskan "masalah penjualan online, maaf teteh kalo kita ga tau penjualan di instagram, lagian stocknya beda dengan kita jadi kita ga tau. Kalo ada yang teteh suka di instagram beli disana aja teteh soalnya disini ga ready."

aneh ga c menurut kalian? Ada ya toko Offline yang penjualan Onlinenya dy ga tau? >_< saya masih positif think mungkin beda divisi kali ya. celetuk saya omong, "mas sekarang beda owner ya? yang di instagram ama toko." abis aneh banget menurut saya? baru nemu toko kaya gini. mas nya jawab " ga kok mba."

Its ok, saya plg dan akhirnya niatin beli di instagram aja. Setelah nanya" ama sellernya, saya minta COD c soalnya sesama bandung dan jarak kantor saya ama kantor kuyagaya shop deket banget drpd dikirim, kebeneran besoknya itu libur panjang libur tanggal 31 januari 2014 imlek hari jumat pasti bablas ampe minggu, pasti shipping kalo ga sabtu ya senin. How long banget padahal deketan gt!! ok saya ikut rules seller gak bisa COD, sip kirim aja.

Saya pesen no. 38 sepatunya based dr ukuran sendal saya merk Kuyagaya okelah pasti sama ukurannya, dan dikirim baru senin sore ._. masih oke karena long week mungkin sellernya liburan dulu. Sampe selasa pagi belum saya coba sampai pulang kantor dan saya coba dirumah, dan sempit :(( ujungnya menyempit, digambar seperti melebar ternyata ini untuk 38 kurus :(


Saya berusaha negosiasi ama sellernya gimana kalo dituker nomor atau tambah uang tuker yg lain. tapi sellernya bilang gak bisa sudah peraturan toko barang yg dibeli tidak bisa ditukar. sedih semakin menjadi malah seller nya bilang " jual aja ke orang lain." Ya ampun seller macam apa kasih solusi kaya gtu. Kesel mendewa, padahal sepatu brand mahal pun kasih garansi kalo sepatu yg dibeli ada ketidak cocokan, trus apalagi pembelian online seller harusnya memberikan garansi apabila konsumen ada ketidakpuasan kaya kekecilan, ada cacat, atau apapunlah. Seller nya gak bertanggung jawab after sales cut off gtu aja. Memang saya yg salah pilih no. 38 karena basenya dr ukuran sandal dengan merk yg sama, wong kasih kebijakan donk. Ni sepatu gak bisa dipakai oii !! alasan gak bisa dituker cuma gara" kebijakan toko, yeah u have a rules but ur customer didn't have satifaction. Setelah saya marah-marah dy kasih solusi, barangnya ntar dy jualin. ._. tapi tetep gak bisa dituker. Yo wes lah babahnooo..

Sellernya bilang hanya saya yg protes tuker nomor, yang lainnya puas-puas aja gak ada pelanggan kaya saya yang rese nyebelin maksa-maksa tuker nomor. Bukan gak ada mbaeee, tapi belom ada, coba aturannya lebih fleksibel konsumennya pasti makin banyak usaha makin jaya. Astagfirulloh, saya beneran kepancing emosi sellernya omong gt. Gak ramah banget padahal saya coba komplen dengan damai. Semoga sukses dech sis,, maaf kalo saya komplen padahal yang lainnya gak ada yg protes, malah banyak banget yg puas ya sis akhir" ini banyak sis capture dan share d instagram, kayanya cuma saya konsumen yang aneh rese terus maksa tuker nomor ga sesuai aturan kantornya. Horeeee!!!

Padahal aku dah nego biar saya yang tanggung shipping atau saya yg dateng ke toko, atau ke kantornya tambah uang atau apapunlah asal sepatunya bisa tuker nomor. Sepatunya belum ak pakai kemanapun, baru dicoba 1x aja, tagnya masih ada. Buat kalian yg minat aku jual IDR 100.000 ongkir subsidi 10k. 

Saya sebagai konsumen sepatu brand tersebut jujur kapok beli d instagram.

Pembelajaran berharga,
  1. Hindari belanja fashion item online, soalnya gak bisa dicoba cocok apa enggak.
  2. Kalaupun terpaksa beli online bawelin aja seller nya tentang ukuran panjang, lebar, no ukuran sesuai, bahan dll, meminimalisir kekecewaan kamu ke depannya.
  3. Sebelum transfer deal-deal mengenai garansi yg bisa kamu dapet di depannya, kan ga ada yg tau ada cacat atau kesempitan kaya saya padahal brand sama seharusnya uk sama.
  4. Hindari percaya gtu aja ama seller yang walaupun kamu percaya banget brand itu, transfer langsung tanpa tanya deskripsi barang. BIG NO!! 

2 komentar:

  1. Ngeselin banget ya kalo kita dibandingin sama customer lain,cuma kita yang protes,sedangkan cust lain bisa ngerti..
    aku juga pernah dibilang cm aku satu2 nya cust yg protes pas beli benang di suatu olshop,dan dia nya salah kirim warna..aku diminta ngerti dan ga protes soalnya yg beli ga cuma aku,tapi buanyaaakk *laris manis gitu ceritanya* no excuse lah yaa,salah kirim ya tetep aja salah kirim..dooohhh...ga niat jualan! *selalu ikutan emosi kalo ada postingan ttg kekecewaan sama suatu olshop..heheh*
    calm down...calm down..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh tintaz woles woles,, -_- ada" ajah,

      paling BT-in dy dgn gampang blg "jual aja ke org lain" hadeeuh solusi macam apapula. yang saya butuhin padahal solusi dr dia, kalo masalah jual ama org lain maa saya juga paham. hahhahha. ckckckck,,


      pantes aja brand sebelah yg baru dan harganya lbh mahal jauh lbh laris, abis customer carenya dewa, bener" care ama kepuasan konsumen, super ramah dan ksh solusi. *sengaja banding"in* :p

      Hapus